Sunday 1 January 2012

Pertanyaan-Pertanyaan yang Perlu Diajukan Ketika Wawancara Kerja

Dalam setiap sesi wawancara kerja, pasti seorang interviewer memberi kesempatan pada calon karyawan untuk mengajukan pertanyaan tentang posisi atau hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Apabila kesempatan ini tidak digunakan sebaik-baiknya maka seorang calon karyawan akan kelihatan seperti tidak ada motivasi atau tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan. Kemungkinan Anda juga bisa mengajukan pertanyaan yang bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Bagaimanapun, dengan mengajukan pertanyaan, Anda akan kelihatan baik di mata interviewer, Anda juga akan mengetahui sebaik mana jenis pekerjaan yang ditawarkan apakah sesuai dengan minat Anda atau tidak.
Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda ajukan ketika proses interview berlangsung ketika interviewer mempersilahkan Anda untuk bertanya.

Apakah posisi ini benar-benar baru?
Pertanyaan ini sangat penting untuk mempelajari mengapa perusaahan membuka posisi tersebut. Apabila posisi tersebut memang baru karena perusahaan sedang tumbuh. Anda perlu banyak belajar tentang ruang lingkup pekerjaan tersebut, khususnya ketika tidak ada orang dalam perusahaan yang mengerjakan pekerjaan seperti itu. Dengan kata lain, apabila posisi yang Anda gantikan telah ada sebelumnya, Anda perlu tahu mengapa karyawan tersebut meninggalkan posisi tersebut.
Jenis karakter bagaimanakah yang Anda butuhkan agar sukses dalam pekerjaan tersebut?
Dengan pertanyaan ini kita bisa mengetahui apa yang dicari oleh perusahaan dari karyawan baru, dan pertimbangkan juga pertanyaan seperti, “tipe-tipe orang seperti apakah yang mungkin bisa sukses dalam pekerjaan tersebut”.
Jenis proyek dan tugas apakah yang dapat saya harapkan dalam enam bulan pertama?
Pertanyaan ini memberikan kesempatan pada Anda bagaimana memperoleh gambaran dari hari ke hari dalam kondisi bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan Anda sekilas tentang tujuan dan budaya perusahaan tersebut.
Apa yang paling Anda sukai ketika bekerja di sini?
Pertanyaan ini mungkin diajukan ke interviwer untuk memutar pertanyaan dengan cara yang baik. Ketika ia mendapatkan kesempatan untuk menceritakan karirnya dan memberikan gambaran sekilas tentang siapa dia dan kompetensinya, mungkin ia bisa menjadi leader Anda.
Apakah proses interview berikutnya?
Hal ini penting untuk mengetahui proses selanjutnya untuk memenangkan pekerjaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda agar lebih dinamis untuk menghadapi porses interview selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment