Friday 23 March 2012

Soal Tes CPNS

Apa sajakah yang diujikan dalam Ujian Tes CPNS ?
Setiap departemen (Depag, Depkes, Depperin, Depdag, Depkeu, Depdiknas, DPU, DKP, Depbudpar, Dephan, Dephub, Dephut, Depkominfo, Depdagri, Deplu, Deptan), CPNS BUMN, CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov), CPNS Pemerintah Daerah (Pemda), CPNS Pemerintah Kota (Pemkot), CPNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab), maupun CPNS dari lembaga Pemerintah lainnya (TNI, Polri, BPK, dll), untuk saat ini, secara umum mengujikan materi-materi :


Materi
Sub Materi
* Ideologi dan Falsafah
Pancasila, UUD
* Sosial Politik
Sejarah, Pemerintahan, Tata Negara
* Bahasa
Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
* Tes Bakat Skolastik
Verbal (Bahasa), Kuantitaif (Numerik/Angka), Logika (Penalaran), Spasial (Gambar)
* Tes Skala Kematangan
Aspek-aspek psikologi kematangan tertentu (integritas, tanggungjawab, semangat berprestasi, pengendalian diri, dll)
* Tes Kemampuan Bidang
Tambahan materi bidang tertentu sesuai dengan Lembaga Penerima CPNS. Misalnya Depkeu mengujikan materi wawasan Ekonomi. Dephut mengujikan materi wawasan kehutanan. Depkes mengujikan materi wawasan kesehatan. Depag mengujikan materi wawasan agama, dan seterusnya...
 
Mengapa materi Pancasila dan UUD diujikan dalam Tes CPNS ?
Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan UUD merupakan konstitusi paling tinggi yang menjadi landasan bernegara. Setiap calon pegawai negeri sipil harus memiliki pemahaman yang baik mengenai eksistensi dan fungsi mendasar dari Pancasila dan UUD. Syarat utama pegawai bangsa (pegawai negeri) tentulah harus memiliki pemahaman yang baik mengenai Pancasila dan UUD. Oleh sebab itu, anda haruslah mempelajari secara sungguh-sungguh sehingga menguasai materi Pancasila dan UUD ini.

Mengapa materi Sejarah dan Pemerintahan (Tata Negara) diujikan dalam Tes CPNS ?
Salah satu materi pokok yang diujikan dalam soal tes cpns adalah materi Sejarah & Pemerintahan Tata Negara. Syarat penting untuk bisa menjadi pegawai negeri adalah harus menguasai seluk beluk sejarah Indonesia dan sejarah penting dunia. Serta memahami sistem pemerintahan dan tata negara Indonesia. Dengan demikian, anda haruslah mempelajari materi ini secara serius sehingga mampu menguasainya dengan baik.

Mengapa materi Bahasa Inggris diujikan dalam Tes CPNS ?
Setiap calon pegawai negeri harus mampu menguasai materi bahasa Inggris dengan baik, karena Bahasa Inggris adalah bahasa resmi internasional, bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), dan bahasa yang paling banyak dipakai sebagai komunikasi internasional. Kemampuan bahasa Inggris juga mencerminkan wawasan dan kecerdasan seseorang apakah dia layak untuk diterima sebagai pegawai negeri.

Mengapa materi Bahasa Indonesia diujikan dalam Tes CPNS ?
Materi Bahasa Indonesia adalah materi standar dalam soal tes CPNS. Setiap calon pegawai negeri haruslah menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dengan baik, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara. Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa yang paling banyak dipakai sebagai alat komunikasi penduduk dunia. Selain itu, Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang mempersatukan bangsa sesuai dengan Sumpah Pemuda 1928.
Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) verbal diujikan dalam Tes CPNS ?
TBS Verbal (bahasa) menguji kemampuan seseorang dalam hal sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata),  padanan hubungan kata, dan kemampuan seseorang dalam hal pengelompokan atau identifikasi kata. Tes ini cukup penting karena dapat menjadi parameter kecakapan intelektual seseorang.
 
Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) numerik diujikan dalam Tes CPNS ?
TBS Numerik (angka) ini diujikan dalam Tes CPNS karena bertujuan menguji kemampuan seseorang dalam hal aritmetik (berhitung), kemampuan berpikir terstruktur untuk melihat seri angka, seri huruf, kemampuan berlogika dalam angka dan kemampuan memformulasikan logika angka dalam cerita.
 
Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) logika diujikan dalam Tes CPNS ?
Tes logika ini penting karena dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan calon PNS dalam hal penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
 
Mengapa materi Tes Bakat Skolastik (TBS) spasial diujikan dalam Tes CPNS ?
Tes gambar ini bertujuan menguji daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

Mengapa materi Tes Skala Kematangan (TSK) diujikan dalam Tes CPNS ?
(TSK)  penting diujikan dalam Ujian Tes CPNS karena tes ini sesungguhnya adalah tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Materi Tes Skala Kematangan yang diujikan dalam Tes CPNS lebih menekankan aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang pegawai negeri dalam bertugas. Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan CPNS tersebut adalah aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung-jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek pengendalian diri, aspek semangat berprestasi, aspek inisiatif, aspek kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan, dan aspek efisiensi cara kerja.

Bagaimana persiapan terbaik untuk menghadapi Ujian Tes CPNS ?
Persiapan terbaik dalam menghadapi ujian tes CPNS adalah berlatih dan menguasai pola variasi soal yang merupakan "major points".

Apa yang dimaksud dengan "major points" ?
Materi "major points" adalah materi utama (materi intisari) yang harus mampu dipahami dan dikuasai oleh seseorang agar dia layak menjadi seorang pegawai bangsa (pegawai negeri sipil). Masing-masing soal ujian CPNS, apakah itu Pancasila, UUD, Sejarah, Pemerintahan/Tata Negara, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TBS maupun TSK semuanya memiliki "major points". Untuk mampu lolos tes CPNS anda harus mampu menguasai "major points" masing-masing materi tersebut.

Bagaimana caranya agar saya bisa menguasai "major points" masing-masing materi ?
Berdasarkan penelitian yang mendalam terhadap trend, pola dan variasi soal CPNS selama 10 tahun terakhir, tim ahli SoalTesCPNS.com telah berhasil merumuskan "major points" dari masing-masing materi yang diujikan dalam tes CPNS. Yaitu "major points" untuk Pancasila, UUD, Sejarah, Pemerintahan/Tata Negara, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TBS maupun TSK. Dari "major points" inilah, kemudian tim ahli SoalTesCPNS.com menyajikan untuk anda, paket ebook "Prediksi Soal CPNS 2011". Dengan menguasai materi soal-soal yang disajikan dalam paket ebook tersebut, maka Insya Allah peluang anda untuk lolos tes CPNS dapat meningkat secara signifikan. 

Sumber : CPNS

0 comments:

Post a Comment