Monday 2 April 2012

Hati-Hati Memilih Jasa Penyalur Tenaga Outsourcing

Ketika tidak ada lowongan pekerjaan yang menghampiri kita, ketika respon dari para HRD perusahaan tidak kunjung datang, banyak fresh graduate dan job seeker lainnya yang (hampir) frustasi kemudian memilih penyalur outsourcing sebagai pilihan. Lalu timbul pertanyaan, apakah semua perusahaan penyalur outsourcing itu sudah pasti menjalankan tugasnya dengan benar?

Saat ini, perkembangan kuantitas perusahaan penyalur outsourcing memang semakin meningkat. Di Jakarta sendiri ada lebih dari 10 perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing mulai dari yang besar sampai yang kecil. Dari yang mampu menyewa gedung sampai yang masih menyewa blok di pusat perbelanjaan. Kebanyakan dari mereka menyalurkan pekerjaan untuk beberapa posisi di Bank, meskipun ada beberapa perusahaan outsourcing yang menyalurkan tenaga kerja ke beberapa perusahaan telekomunikasi dan industri lainnya.

Permasalahannya kemudian, banyak job seeker yang mengira bahwa dengan mengirim lamaran ke perusahaan outsourcing adalah cara teraman dan terpercaya untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal kenyataannya, banyak job seeker yang terjebak kasus penipuan yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing yang bandel. Sekarang bagaimana supaya kita tidak tertipu oleh perusahaan outsourcing yang nakal itu? Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan mengirim lamaran ke perusahaan outsourcing tersebut.

1.Kenali Reputasinya
Cara paling mudah untuk mengetahui reputasi perusahaan tersebut adalah dengan banyak bertanya kepada teman dan meminta referensi. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan melakukan survei lokasi ke kantor perusahaan tersebut lalu mengamati tampilan perusahaan tersebut. Jika lokasinya sulit dicari, sebaiknya Anda berhati-hati.

2.Kenali Sistemnya
Tidak ada pekerjaan dimanapun yang mengharuskan kamu membayar uang muka atau uang jaminan sebelum kamu diterima kerja. Perusahaan Outsourcing adalah agen, jadi jika memang benar mereka itu perusahaan outsourcing yang baik, mereka akan memotong total gaji kamu sebagai balas jasa sebagai penyalur. Jadi, jangan cepat panik dan mudah tertipu.

3.Tetap Fokus
Meskipun dari luar terlihat aman-aman saja, tetaplah fokus. Pahami setiap penjelasan kontrak yang diberikan. Jangan sampai Anda salah mengerti dan akhirnya Anda dirugikan.

0 comments:

Post a Comment